Tipe-Tipe Perilaku Pembeli dan Proses Membeli
Kamis, 17 Mei 2018
Add Comment
Ada empat tipe perilaku membeli, yaitu;
a)
Perilaku pembelian yang kompleks
Di sini
konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga
produk tinggi, jarang dibeli, memiliki risiko yang tinggi. Perilaku konsumen
melalui proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan
tentang produk tersebut. Kedua, membangun sikap, dan ketiga,
melakukan pilihan.
b)
Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan.
Di
sini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit
perbedaan, di antara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk
mencari yang lebih cocok.
c)
Perilaku pembelian karena kebiasaan
Di sini komponen rendah sekali dalam proses pembelian karena tidak
ada perbedaan nyata di antara berbagai merek dan harga barang relatif rendah.
d)
Perilaku pembelian yang mencari keragaman
Di sini ketertiban konsumen yang rendah akan dihadapkan pada
berbagai pemilihan merek.
Tahap-tahap dalam proses membeli meliputi:
1)
Pengenalan Kebutuhan /Masalah
Di sini orang konsumen memasarkan produk meneliti mengenai apa yang
dibutuhkan, apa yang menyebabkan semua itu muncul dan mengapa seseorang
membutuhkan sesuatu. Seorang pemasar akan mengenalkan pada konsumen agar lebih
tertarik.
2)
Pencarian Informasi
Sumber
informasi konsumen terbagi dalam empat kelompok, yaitu:
a).
Sumber pribadi, meliputi: keluarga, teman-teman, tetangga dan
kenalan.
b) Sumber niaga, meliputi: periklanan, petugas penjualan, penjual
kemasan dan pemajangan.
c) Sumber umum, meliputi: media massa dan organsasi konsumen.
d) Sumber pengalaman, meliputi: pernah menangani, menguji, dan
mempergunakan produk
Baca Juga : Model Konsumen
0 Response to "Tipe-Tipe Perilaku Pembeli dan Proses Membeli"
Posting Komentar