Tipe-Tipe Perilaku Pembeli dan Proses Membeli



Ada empat tipe perilaku membeli, yaitu;
a)    Perilaku pembelian yang kompleks
Di sini konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga produk tinggi, jarang dibeli, memiliki risiko yang tinggi. Perilaku konsumen melalui proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan tentang produk tersebut. Kedua, membangun sikap, dan ketiga, melakukan pilihan.
b)   Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan.
Di sini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit perbedaan, di antara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk mencari yang lebih cocok.
c)    Perilaku pembelian karena kebiasaan
Di sini komponen rendah sekali dalam proses pembelian karena tidak ada perbedaan nyata di antara berbagai merek dan harga barang relatif rendah.
d)   Perilaku pembelian yang mencari keragaman
Di sini ketertiban konsumen yang rendah akan dihadapkan pada berbagai pemilihan merek.

Tahap-tahap dalam proses membeli meliputi:
1)   Pengenalan Kebutuhan /Masalah
Di sini orang konsumen memasarkan produk meneliti mengenai apa yang dibutuhkan, apa yang menyebabkan semua itu muncul dan mengapa seseorang membutuhkan sesuatu. Seorang pemasar akan mengenalkan pada konsumen agar lebih tertarik.
2)   Pencarian Informasi
Sumber informasi konsumen terbagi dalam empat kelompok, yaitu:
a).  Sumber pribadi, meliputi: keluarga, teman-teman, tetangga dan kenalan.
b)  Sumber niaga, meliputi: periklanan, petugas penjualan, penjual kemasan dan pemajangan.
c)  Sumber umum, meliputi: media massa dan organsasi konsumen.
d)  Sumber pengalaman, meliputi: pernah menangani, menguji, dan mempergunakan produk

Baca Juga : Model Konsumen

0 Response to "Tipe-Tipe Perilaku Pembeli dan Proses Membeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

pasang