Kualitas Pelayanan
Kamis, 17 Mei 2018
Add Comment
Definisi
kualitas menurut American Society for Quality Control, kualitas (quality) adalah
totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada
kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Adapun
menurut pemimpin GE, John E Welch Jr,. Kualitas adalah jaminan terbaik atas
loyalitas pelanggan, pertahanan terkuat mengahadapi persaingan, dan
satu-satunya jalan untuk mempertahankan pertumbuhan dan penghasilan atau dengan
kata lain, kualitas merupakan pendekatan organisasi secara menyeluruh untuk
meningkatkan kualitas semua proses, produk, dan pelayanan organisasi yang
berkesinambungan.
Kemudian
Triguno juga mengungkapkan hal yang senada tentang kualitas, yang dimaksud
dengan kualitas adalah suatu standar yang harus dicapai oleh seseorang atau
kelompok atau lembaga atau organisasi mengenai kualitas sumber daya manusia,
kualitas cara kerja, proses dan hasil kerja atau produk yang berupa barang dan
jasa. Secara
umum, kualitas adalah dimensi yang global dan relatif tidak sensitif
terhadap perbedaan segmen. Karena itu, bila ingin membangun total kepuasan
dalam jangka panjang, komitmen terhadap kualitas akan memberikan play-off
yang setimpal.
Pengertian
atau makna atas konsep kualitas telah diberikan oleh banyak pakar dengar
berbagai sudut pandang yang berbeda, sehingga menghasilkan definisi-definisi
yang berbeda pula. Kualitas diartikan sebagai suatu kondisi dinamis dimana yang
berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi
atau melebihi harapan. Pengertian kualitas tersebut menunjukkan bahwa kualitas
itu berkaitan erat dengan pencapaian standar yang diharapkan.
Pengertian
pelayanan dalam kamus bahasa Indonesia adalah usaha melayani kebutuhan orang
lain. Pelayanan publik/umum merupakan salah satu fungsi utama dari pemerintah.
Pemerintah berkedudukan sebagai lembaga yang wajib memberikan atau memenuhi
kebutuhan masyarakat. Pelayanan merupakan terjemahan dari istilah service
dalam bahasa Inggris yaitu berarti setiap tindakan atau perbuatan yang dapat
ditawarkan oleh satu pihak ke pihak yang lain, yang pada dasarnya bersifat intangible
(tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.
Pelayanan
sebagai salah satu fungsi utama yang seharusnya dapat diselenggarakan secara
berkualitas oleh pemerintah. Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang
dihadapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi
keinginan pelanggan. Apabila jasa atau pelanggan yang diterima atau dirasakan (perceived
service) sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas jasa atau pelayanan
dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika jasa atau pelayanan yang dipersepsikan
sebagai kualitas yang ideal. Sebaliknya jika jasa atau pelayanan yang diterima
lebih rendah daripada yang diharapkan, maka kualitas jasa atau pelayanan
dipersepsikan buruk.
Pelayanan
yang baik tentu akan memberikan hal yang baik pula untuk perusahaan. Karena
pelayanan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan, beberapa hal yang
dapat memberikan keuntungan tersendiri untuk perusahaan seperti:
1)
Konsumen bisa menjadi media iklan gratis
Dengan kepuasan
konsumen terhadap pelayanan perusahaan, kosumen bisa saja menyebarkan mengenai
hal tersebut kepada rekan-rekan atau tetangganya sehingga perusahaan bisa
menjadi lebih dikenal.
2)
Kelangsungan bisnis jangka panjang terjamin
Dengan semakin
banyaknya pelanggan tetap perusahaan, maka perusahaan tidak perlu khawatir
tidak akan mendapat pelanggan, karena sudah adanya para pelanggan tetap.
3)
Kosumen tidak akan mempermasalahkan mengenai harga
Dengan rasa
kepercayaan konsumen terhadap perusahaan, maka konsumen tidak akan
mempermasalahkan mengenai harga terhadap suatu produk yang ditawarkan
perusahaan,
4) Kosumen merasa
puas karena kebutuhannya terpenuhi
Kebutuhan
konsumen bukan hanya dari kualitas produk, melainkan juga dari segi kualitas
pelayanan perusahaan. Dengan pelayanan yang baik, maka konsumen akan merasa
bahwa semua kebutuhannya telah dipenuhi oleh perusahaan.
5)
Nama baik perusahaan meningkat
Hal ini
dikarenakan semakin banyak konsumen yang merasa puas dan menjadi konsumen setia
sehingga nama baik perusahaan pun meningkat di mata semua konsumen.
6)
Unggul dalam persaingan bisnis
Unggul dalam hal satu langkah didepan terhadap perusahaan lainnya,
karena konsumen telah mempercayai baik dari segi pelayanan maupun kualitas
produk perusahaan tersebut.
Kualitas
pelayanan adalah ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu
sesuai dengan kebutuhan konsumen. Semua karyawan yang berhubungan dengan
konsumen dapat disebut sebagai tenaga penjual. Oleh karena, itu
penting karena perilaku karyawan harus diorientasikan kepada konsumen. Itu
berarti organisasi harus merekrut dan mempertahankan karyawan yang mempunyai
skill, sikap, dan komitmen dalam membina hubungan baik dengan konsumen.
Manusia
dengan budi pekerti yang luhur adalah Nabi Muhammad
Saw. Ia Mengajurkan
kepada manusia untuk menjadi rahmat bagi manusia lainnya dengan budi pekerti
yang luhur. Karena merupakan ajuran Allah Swt,
seperti disebutkan Al-Qur’an surat Al-Anbiyaa’ ayat 107:
وَمَا
أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ (107)
“Dan Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat
bagi semesta alam”.
Menurut Ibnu Katsir tentang Surat
Al-Anbiyaa ayat 107, Dalam ayat ini Allah Swt menerangkan tujuannya mengutus
Nabi Muhammad Saw yang membawa agamanya itu, tidak lain hanyalah agar mereka
berbahagia didunia dan diakhirat. Maksudnya, dia mengutus Nabi sebagai rahmat
bagi mereka semua. Barang siapa yang menerima rahmat ini dan mensyukuri nikmat
ini, maka berbahagialah dia didunia dan diakhirat. Barang siapa yang
mengingkari rahmat itu, maka merugilah dia didunia dan diakhirat.
Prinsip-prinsip
musyawarah yang ditetapkan agama Islam lebih tinggi nilainya dari
prinsip-prinsip demokrasi yang selalu diagung-agungkan. Perbaikan-perbaikan
yang diagungkan tentang kedudukan wanita yang saat itu hampir sama dengan
binatang, dan pengakuan terhadap kedudukan anak yatim, perhatian terhadap fakir
dan miskin, perintah melakukan jihad untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan,
semuanya diajarkan oleh Al-Qur’an dan hadist, kemudian dijadikan sebagai dasar
perjuangan perserikatan bangsa-bangsa.
Islam menganjurkan
setiap muslim harus berakhlak baik, saling menghormati, dan bermanfaat bagi
yang lainnya. Pada saat transaksi jual beli sikap penjual dan pembeli
dianjurkan bersikap ramah dan baik. Agar terjalin komunikatif yang baik.
Baca Juga : Kriteria Kualitas Pelayanan
0 Response to "Kualitas Pelayanan "
Posting Komentar