Proses Keputusan Pembelian


Proses keputusan pembelian konsumen terdiri dari lima tahapan. Proses pembelian konsumen tersebut diantara lain:
Penjelasan pada gambar diatas adalah sebagai berikut:
1.    Pengenalan Masalah
Proses pembelian dimulai ketika pembeli menyadari suatu masalah atau kebutuhan yang dipicu oleh rangsangan internal dan eksternal.
2.    Pencarian Informasi
Pada tingkat ini seseorang hanya menjadi lebih representatif (untuk dijadikan dasar penelitian) terhadap informasi tentang sebuah produk.
3.    Evaluasi Alternatif
Konsep memahami proses evaluasi: pertama, konsumen berusaha memuaskan sebuah kebutuhan. Kedua, konsumen mencari manfaat tertentu dari produk tersebut. Ketiga, konsumen melihat masing-masing produk sebagai sekelompok atribut dengan berbagai kemampuan untuk memuaskan kebutuhan ini.
4.    Keputusan Membeli
Dalam tahap evaluasi, konsumen membentuk referensi antar merek dalam kumpulan pilihan. Konsumen juga membentuk maksud untuk membeli merek yang paling disukai.
5.    Perilaku Pasca Pembelian
Secara umum, apabila individu merasakan ketertarikan dan kepuasan dalam memenuhi kebutuhan 
setelah melakukan pembelian.
Baca Juga : Tipe-Tipe Perilaku Pembeli dan Proses Membeli

0 Response to "Proses Keputusan Pembelian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

pasang