Model Konsumen



Terdapat empat model konsumen yang mempunyai cara pandang yang berbeda dalam mengambil keputusan, antara lain:

1)   Pandangan Ekonomi
Dalam pandangan ekonomi menggambarkan dunia persaingan sempurna. Konsumen sering diberi ciri sebagai pengambilan keputusan yang rasional. Seseorang konsumen harus mengetahui semua alternatif produk yang tersedia, mampu memperingkat setiap alternatif secara tepat dari sudut keuntungan dan kerugiannya, dan mampu mengenali satu alternatif yang terbaik.

2)   Pandangan Pasif
Pandangan pasif menggambarkan konsumen sebagai orang yang pada dasarnya tunduk pada kepentingan melayani diri dan usaha promosi para pemasar.

3)   Pandangan Kognitif
Pandangan kognitif menggambarkan konsumen sebagai pemecah masalah dengan cara berfikir. Konsumen sering digambarkan ingin menerima maupun dengan aktif mencari produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan mereka dan memperkaya kehidupan mereka.

4)   Pandangan Emosional
Pandangan emosional menggambarkan adanya model pengambilan keputusan yang emosional atau impulsif (menurunkan desakan hati), para pemasar lebih suka memikirkan konsumen model ekonomi maupun model pasif.

0 Response to "Model Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

pasang