Al-Baqoroh Ayat 38-39
Minggu, 13 Mei 2018
Add Comment
{قُلْنَا
اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ
هُدَايَ فَلا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْ يَحْزَنُونَ (38) وَالَّذِينَ كَفَرُوا
وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (39)
}
Kami berfirman, "Turunlah kamu semuanya dari
surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang
mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak
(pula) mereka bersedih hati." Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan
ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di
dalamnya.
Allah Swt menceritakan tentang peringatan yang ditujukan kepada Adam dan
istrinya serta iblis ketika mereka diturunkan dari surga. Yang dimaksud ialah
anak cucunya, bahwa Allah kelak akan menurunkan kitab-kitab dan mengutus
nabi-nabi serta rasul-rasul (di kalangan mereka yang akan memberi peringatan
kepada kaumnya masing-masing). Demikianlah menurut penafsiran Abul Aliyah; dia
mengatakan bahwa petunjuk tersebut dimaksudkan adalah para nabi dan para rasul,
serta penjelasan-penjelasan dan keterangan-Nya (melalui ayat-ayat-Nya).
Muqatil ibnu Hayyan mengatakan, yang dimaksud dengan petunjuk dalam ayat ini
ialah Nabi Muhammad Saw.; sedangkan menurut Al-Hasan, petunjuk artinya
Al-Qur'an. Kedua pendapat ini sahih, sedangkan pengertian pendapat Abul Aliyah
lebih umum. Barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku —yakni orang yang mau menerima apa
yang diturunkan oleh Allah melalui kitab-kitab-Nya dan apa yang disampaikan oleh
rasul-rasul-Nya— niscaya tidak ada kekhawatiran atas diri mereka dalam
menghadapi nasib di hari akhirat nanti. Tidak pula mereka bersedih hati terhadap perkara-perkara duniawi yang
terlewatkan oleh mereka. Pengertiannya sama dengan makna yang terkandung di
dalam firman lainnya, yaitu:
{قَالَ
اهْبِطَا مِنْهَا جَمِيعًا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ
مِنِّي هُدًى فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلا يَضِلُّ وَلا يَشْقَى}
Allah berfirman.”Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama sebagian
kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk
dari-Ku, lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan
tidak akan celaka." (Thaha: 123)
Menurut Ibnu Abbas r.a., makna yang dimaksud ialah dia tidak sesat di dunia
dan tidak celaka di akhirat. Allah Swt. telah berfirman:
{وَمَنْ
أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ أَعْمَى}
Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya
penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam
keadaan buta. (Thaha: 124)
Perihalnya sama dengan yang dikatakan dalam ayat yang sedang kita bahas
sekarang, yaitu:
{وَالَّذِينَ
كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا
خَالِدُونَ}
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu
penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (Al-Baqarah: 39)
Artinya, mereka kekal di dalamnya, tiada jalan keluar bagi mereka dari neraka
karena mereka menjadi penghuni yang abadi. Ibnu Jarir dalam bab ini mengetengahkan sebuah hadis yang ia kemukakan dari
dua jalur periwayatan, dari Abu Salamah dan Sa'id ibnu Yazid, dari Abu Nadrah
Al-Munzir ibnu Malik ibnu Qit'ah, dari Abu Sa'id (nama aslinya Sa'd ibnu Malik
ibnu Sinan Al-Khudri) yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda:
"أَمَّا
أَهْلُ النَّارِ الَّذِينَ هُمْ أَهْلُهَا فَإِنَّهُمْ لَا يَمُوتُونَ فِيهَا وَلَا
يَحْيَوْنَ، لَكِنَّ أَقْوَامًا أَصَابَتْهُمُ النَّارُ بِخَطَايَاهُمْ، أَوْ
بِذُنُوبِهِمْ فَأَمَاتَتْهُمْ إِمَاتَةً، حَتَّى إِذَا صَارُوا فَحْمًا أذنَ فِي
الشَّفَاعَةِ"
Adapun ahli neraka yang menjadi penghuni tetapnya, maka mereka tidak
pernah mati di dalamnya, tidak pula hidup (karena mereka selamanya di azab
terus-menerus). Tetapi ada beberapa kaum yang dimasukkan ke dalam neraka karena
dosa-dosa mereka, maka mereka benar-benar mengalami kematian; dan apabila mereka
sudah menjadi arang, maka baru diizinkan beroleh syafaat.
Imam Muslim meriwayatkan hadis ini melalui hadis Syu'bah, dari Abu Salamah
dengan lafaz yang sama. Penyebutan ayat yang menerangkan penurunan untuk yang kedua kalinya ini
karena berkaitan dengan makna yang berbeda dengan pengertian yang ada pada ayat
pertama. Sebagian ulama menduga bahwa ayat yang kedua ini merupakan taukid dan
pengulangan yang mengukuhkan makna ayat pertama, perihalnya sama dengan ucapan,
"Berdirilah, berdirilah!"
Ulama lainnya mengatakan bahwa penurunan yang pertama ini mengisahkan
penurunan dari surga ke langit dunia, sedangkan penurunan yang kedua adalah dari
langit dunia ke bumi. Akan tetapi pendapat yang sahih adalah yang pertama
tadi.
Tafsir Ibnu Katsir
0 Response to "Al-Baqoroh Ayat 38-39"
Posting Komentar