Keutamaan Basmallah
Sabtu, 12 Mei 2018
Add Comment
فَصْلٌ فِي فَضْلِها
حَدَّثَنَا
أَبِي، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُسَافِرٍ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْمُبَارَكِ
الصَّنْعَانِيُّ، حَدَّثَنَا سَلَّامُ بْنُ وَهْبٍ الجَنَديّ، حَدَّثَنَا أَبِي،
عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ سَأَلَ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عن بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ. فَقَالَ: "هُوَ اسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللَّهِ، وَمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ
اسْمِ اللَّهِ الْأَكْبَرِ، إِلَّا كَمَا بَيْنَ سَوَادِ الْعَيْنَيْنِ
وَبَيَاضِهِمَا مِنَ الْقُرْبِ"
telah menceritakan kepada kami ayahku, telah rnenceritakan kepada kami Ja'far
ibnu Musafir, telah menceritakan kepada kami Zaid ibnul Mubarak As-San'ani,
telah menceritakan kepada kami Salam ibnu Wahb Al-Jundi. telah menceritakan
kepada kami ayahku, dari Tawus, dari Ibnu Abbas, bahwa Usman bertanya kepada
Rasulullah Saw. tentang basmalah. Beliau menjawab: Basmalah merupakan salah
satu dari nama-nama Allah; antara dia dan asma Allahu Akbar jaraknya tiada lain
hanyalah seperti antara bagian hitam dari bola mata dan bagian putihnya karena
saking dekatnya.
Hal yang sama diriwayatkan pula oleh Abu Bakar ibnu Murdawaih, dari Sulaiman
ibnu Ahmad, dari Ali ibnul Mubarak, dari Zaid ibnul Mubarak.
وَقَدْ
رَوَى الْحَافِظُ ابْنُ مَرْدُويه مِنْ طَرِيقَيْنِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ
عَيَّاشٍ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ يَحْيَى، عَنْ مِسْعَر، عَنْ عَطِيَّةَ، عَنْ
أَبِي سَعِيدٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"إِنَّ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ أَسْلَمَتْهُ أُمُّهُ إِلَى الكتَّاب لِيُعَلِّمَهُ،
فَقَالَ الْمُعَلِّمُ: اكتب، قال ما أكتب؟ قال: بسم اللَّهِ، قَالَ لَهُ عِيسَى:
وَمَا بِاسْمِ اللَّهِ؟ قَالَ الْمُعَلِّمُ: مَا أَدْرِي. قَالَ لَهُ عِيسَى:
الْبَاءُ بَهاءُ اللَّهِ، وَالسِّينُ سَنَاؤُهُ، وَالْمِيمُ مَمْلَكَتُهُ،
وَاللَّهُ إِلَهُ الْآلِهَةِ، وَالرَّحْمَنُ رَحْمَنُ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ،
وَالرَّحِيمُ رَحِيمُ الْآخِرَةِ".
Al-Hafiz ibnu Murdawaih meriwayatkan melalui dua jalur. dari Ismail ibnu
Iyasy, dari Ismail ibnu Yahya, dari Mis'ar, dari Atiyyah, dari Abu Sa'id yang
mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Sesungguhnya Isa ibnu
Maryam a.s. diserahkan oleh ibunya kepada guru tulis untuk diajar menulis.
Kemudian si guru berkata kepadanya, Tulislah.' Isa a.s. bertanya, 'Apa
yang harus aku tulis?' Si guru menjawab, 'Bismillah." Isa bertanya kepadanya,
'Apakah arti bismillah itu?' Si guru menjawab, 'Aku tidak tahu.' Isa menjawab,
'Huruf ba artinya cahaya Allah, huruf sin artinya sinar-Nya. huruf mim artinya
kerajaan-Nya, dan Allah adalah Tuhan semua yang dianggap tuhan. Ar-Rahman
artinya Yang Maha Pemurah di dunia dan di akhirat, sedangkan Ar-Rahim artinya
Yang Maha Penyayang di akhirat'."
Hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir melalui hadis Ibrahim ibnul Ala
yang dijuluki dengan sebutan Ibnu Zabriq, dari Ismail ibnu Iyasy, dari Ismail
ibnu Yahya, dari Ibnu Abu Mulaikah, dari seseorang yang menceritakannya, dari
Ibnu Mas'ud dan Mis'ar, dari Atiyyah, dari Abu Sa'id yang menceritakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda. Kemudian ia menuturkan hadis ini, tetapi
predikatnya garib (aneh) sekali. Barangkali berpredikat sahih sampai kepada
orang selain Rasulullah Saw., dan barangkali hadis ini termasuk salah satu dari
hadis israiliyat, bukan dari hadis yang marfu’. Juwaibir meriwayatkannya pula
sebelum dia, dari Dahhak.
وَقَدْ
رَوَى ابْنُ مَرْدُويه، مِنْ حَدِيثِ يَزِيدَ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ
بُرَيْدَةَ، وَفِي رِوَايَةٍ عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ أَبِي أُمَيَّةَ، عَنِ ابْنِ
بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: "أُنْزِلَتْ عَلَيَّ آيَةٌ لَمْ تَنْزِلْ عَلَى نَبِيٍّ غَيْرِ
سُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ وَغَيْرِي، وَهِيَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ"
Ibnu Murdawaih meriwayatkan dari hadis Yazid ibnu Khalid, dari Sulaiman ibnu
Buraidah; sedangkan menurut riwayat lain dari Abdul Karim Abu Umayyah, dari Abu
Buraidah, dari ayahnya, bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Telah diturunkan
kepadaku suatu ayat yang belum pernah diturunkan kepada seorang nabipun selain
Sulaiman ibnu Daud dan aku sendiri, yaitu bismillahir rahmanir rahim (Dengan
nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang).
Ibnu Murdawaih meriwayatkannya pula berikut sanadnya melalui Abdul Karim
Al-Kabir ibnul Mu'afa ibnu Imran, dari ayahnya, dari Umar ibnu Zar, dari Ata
ibnu Abu Rabah, dari Jabir ibnu Abdullah yang menceritakan bahwa ketika
diturunkan kalimat berikut: Dengan nama Allah YangMaha Pemurah lagi Maha
Penyayang. Maka seluruh awan lari ke arah timur, angin hening tak bertiup,
sedangkan lautan menggelora, semua binatang mendengar melalui telinga mereka,
dan semua setan dirajam dari langit. Pada saat itu Allah Swt. bersumpah dengan
menyebut keagungan dan kemuliaan-Nya bahwa tidak sekali-kali asma-Nya (yang ada
dalam basmalah) diucapkan terhadap sesuatu melainkan Dia pasti
memberkatinya. Waki' mengatakan dari Al-A'masy, dari Abu Wa'il, dari Ibnu Mas'ud yang
mengatakan bahwa barang siapa yang ingin diselamatkan oleh Allah dari Malaikat
Zabaniyah yang jumlahnya sembilan belas (Zabaniyah adalah juru penyiksa neraka),
hendaklah ia membaca: Dengan nama Allah YangMaha Pemurah lagi Maha
Penyayang. Allah akan menjadikan sebuah surga baginya pada setiap huruf dari basmalah
untuk menggantikan setiap Malaikat Zabaniah. Hal ini diketengahkan oleh Ibnu
Atiyyah dan Al-Qurtubi, diperkuat dan didukung oleh Ibnu Atiyyah dengan sebuah
hadis yang mengatakan,
"فَقَدْ
رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلَاثِينَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا" لِقَوْلِ الرَّجُلِ:
رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا
فِيهِ
"Sesungguhnya aku melihat lebih dari tiga puluh malaikat berebutan
(mencatat) perkataan seorang lelaki yang mengucapkan, 'rabbana walakal
hamdu hamdan ka'siran tayyiban mubarakan fihi' (Wahai Tuhan kami, bagi-Mulah
segala puji dengan pujian yang sebanyak-banyaknya, baik lagi diberkati), mengingat jumlah semua hurufnya ada sembilan belas." Dan dalil-dalil
lainnya.
Imam Ahmad ibnu Hambal di dalam kitab Musnad-nya mengatakan bahwa:
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَاصِمٍ، قَالَ: سَمِعْتُ
أَبَا تَمِيمَةَ يُحَدِّثُ، عَنْ رَدِيفِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: عَثَرَ بِالنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
فَقُلْتُ: تَعِس الشَّيْطَانُ. فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: "لَا تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ. فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ: تَعِسَ
الشَّيْطَانُ تَعَاظَمَ، وَقَالَ: بِقُوَّتِي صَرَعْتُهُ، وَإِذَا قُلْتَ: بِاسْمِ
اللَّهِ، تَصَاغَرَ حَتَّى يَصِيرَ مِثْلَ الذُّبَابِ".
telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far, telah menceritakan
kepada kami Syu'bah, dari Asim yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar dari
Abu Tamim yang menceritakan hadis dari orang yang pernah membonceng Nabi Saw. Si
pembonceng menceritakan: Unta kendaraan Nabi Saw. terperosok, maka aku
mengatakan, "Celakalah setan." Maka Nabi Saw. bersabda, "Janganlah kamu
katakan, 'Celakalah setan,' karena sesungguhnya jika kamu katakan demikian, maka
ia makin membesar, lalu mengatakan, 'Dengan kekuatanku niscaya aku dapat
mengalahkannya.' Tetapi jika kamu katakan, 'Dengan nama Allah,' niscaya si setan
makin mengecil hingga bentuknya menjadi sebesar lalat."
Demikian menurut riwayat Imam Ahmad.
Imam Nasai di dalam kitab Al-Yaumu wal Lailah dan Ibnu Murdawaih di
dalam kitab Tafsir-nya. telah meriwayatkan melalui hadis Khalid Al-Hazza, dari
Abu Tamimah (yaitu Al-Hujaimi), dari Abul Malih ibnu Usamah ibnu Umair, dari
ayahnya yang menceritakan bahwa ia pernah membonceng Nabi Saw. Selanjutnya dia
menuturkan hadis hingga sampai pada sabda Nabi Saw. yang mengatakan:
«لَا
تَقُلْ هَكَذَا فَإِنَّهُ يَتَعَاظَمُ حَتَّى يَكُونَ كَالْبَيْتِ، وَلَكِنْ قُلْ
بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّهُ يَصْغُرُ حَتَّى يَكُونَ كَالذُّبَابَةِ»
Jangan kamu katakan demikian, karena sesungguhnya setan nanti akan makin
membesar hingga bentuknya seperti rumah. Tetapi katakanlah.”Bismillah" (dengan
nama Allah), karena sesungguh-nya dia akan mengecil hingga bentuknya seperti
lalat. Demikian itu terjadi berkat kalimah bismillah. Karena itu, pada permulaan
setiap perbuatan dan ucapan disunatkan terlebih dahulu membaca basmalah. Membaca basmalah disunatkan pada permulaan khotbah, berdasarkan
sebuah hadis yang mengatakan:
«كُلُّ
أَمْرٍ لَا يُبْدَأُ فِيهِ بِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فَهُوَ
أَجْذَمُ »
Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bacaan bismillahir rahmanir rahim
(Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang), maka perkara itu
kurang sempurna. Disunatkan membaca basmalah di saat hendak memasuki kamar kecil, berdasarkan
sebuah hadis yang menganjurkannya. Disunatkan pula membaca basmalah pada permulaan wudu, berdasarkan sebuah
hadis yang disebutkan di dalam Musnad Imam Ahmad dan kitab-kitab Sunan. melalui
riwayat Abu Hurairah dan Sa'id ibnu Zaid serta Abu Sa'id secara. marfu’.
yaitu:
«لَا
وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ»
Tidak ada wudu bagi orang yang tidak menyebut asma Allah (bismillah) dalam
wudunya.
Hadis ini berpredikat hasan.
Di antara ulama ada yang mewajibkannya di saat hendak melakukan zikir, dan di
antara mereka ada pula yang mewajibkannya secara mutlak. Membaca basmalah
disunatkan pula di saat hendak melakukan penyembelihan, menurut mazhab Imam
Syafii dan segolongan ulama. Ulama lain mengatakan wajib di kala hendak
melakukan zikir, juga wajib secara mutlak menurut pendapat sebagian dari mereka,
seperti yang akan dijelaskan pada bagian lain. Ar-Razi di dalam kitab Tafsir-nya menyebutkan hadis mengenai keutamaan
basmalah, antara lain dari Abu Hurairah r.a. disebutkan bahwa Rasulullah Saw.
pernah bersabda:
"إِذَا
أَتَيْتَ أَهْلَكَ فَسَمِّ اللَّهَ؛ فَإِنَّهُ إِنْ وُلِدَ لَكَ وَلَدٌ كُتِبَ لَكَ
بِعَدَدِ أَنْفَاسِهِ وَأَنْفَاسِ ذُرِّيَّتِهِ حَسَنَاتٌ"
Apabila kamu mendatangi istrimu, maka sebutlah asma Allah, karena
sesungguhnya apabila ditakdirkan bagimu punya anak, niscaya akan dicatatkan
bagimu kebaikan-kebaikan menurut bilangan helaan napasnya dan napas-napas
keturunannya.
Akan tetapi, hadis ini tidak ada asalnya, dan aku (penulis: yakni Ibnu
Katsir) belum pernah melihatnya dalam suatu kitab pun di antara kitab-kitab yang
dapat dipegang, tidak pula pada yang lainnya. Disunatkan membaca basmalah di saat hendak makan, seperti apa yang disebutkan
di dalam hadis sahih Muslim yang menyebutkan bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda kepada anak tirinya, yaitu Umar ibnu Abu Salamah:
"قُلْ:
بِاسْمِ اللَّهِ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ، وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ"
Ucapkanlah bismillah, dan makanlah dengan tangan kananmu serta makanlah
makanan yang dekat denganmu.
Sebagian ulama mewajibkan membaca basmalah dalam keadaan seperti itu.
Disunatkan pula membaca basmalah di saat hendak melakukan senggama, seperti
yang disebutkan dalam hadis Sahihain melalui Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Saw.
telah bersabda:
«لَوْ
أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِيَ أَهْلَهُ قَالَ: بِسْمِ اللَّهِ
اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقَتْنَا
فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ لَمْ يَضُرَّهُ الشَّيْطَانُ أَبَدًا»
.
Seandainya seseorang di antara kalian hendak mendatangi istrinya, lalu ia
mengucapkan, "Dengan menyebut asma Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan
dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau rezekikan (anugerahkan) kepada kami,
"karena sesungguhnya jika ditakdirkan terlahirkan anak di antara keduanya,
niscaya setan tidak dapat menimpakan mudarat terhadap anak itu untuk
selama-lamanya.
Berawal dari pengertian ini dapat dikatakan bahwa kedua pendapat di kalangan
ahli nahwu dalam masalah lafaz yang dijadikan ta'alluq (kaitan) oleh
huruf ba dalam kalimat Bismillah. apakah berupa fi’l atau isim, keduanya
sama-sama mendekati kebenaran. Masing-masing pendapat memang ada contohnya di
dalam Al-Qur'an. Pendapat yang mengatakan bahwa ta'alluq-nya berupa isim. hingga bentuk
lengkapnya menjadi seperti berikut: "Dengan menyebut asma Allah kumulai",
contohnya di dalam Al-Qur'an ialah firman-Nya:
وَقالَ
ارْكَبُوا فِيها بِسْمِ اللَّهِ مَجْراها وَمُرْساها إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ
رَحِيمٌ
Dan Nuh berkata, "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama
Allah di waktu berlayar dan berlabuh." Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang. (Hud: 41) Orang yang memperkirakannya dalam bentuk fi’l, baik fi’l amar
ataupun khabar (kalimat berita), contohnya ialah: "Aku memulai dengan
menyebut asma Allah" atau "Dengan nama Allah aku memulai", seperti pengertian
yang terkandung di dalam firman-Nya:
اقْرَأْ
بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
Kedua pendapat tersebut benar, karena suatu fi'il pasti mempunyai masdar.
Maka Anda boleh memperkirakan ta'alluq-nya dalam bentuk fi'il atau masdar-nya.
Yang demikian itu disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dibacakan basmalah
untuknya, misalnya duduk, berdiri, makan, minum, membaca, wudu, ataupun salat.
Hal yang dianjurkan ialah membaca basmalah di kala hendak melakukan semua hal
yang disebutkan untuk memperoleh berkah dan rahmat serta pertolongan dalam
menyelesaikannya dan agar diterima oleh Allah Swt. Ibnu Jarir dan Ibnu Abu Hatim meriwayatkan melalui hadis Bisyr ibnu Imarah,
dari Abu Rauq, dari Dahhak, dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa hal yang
mula-mula dibawa turun oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw. ialah:
"Hai Muhammad, katakanlah, 'Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi
Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk'." Kemudian Malaikat Jibril
berkata, "Katakanlah bismillahir rahmanir rahim (Dengan nama Allah Yang Maha
Pemurah lagi Maha Penyayang)."
Jibril berkata kepadanya, "Hai Muhammad, sebutlah asma Allah, bacalah dengan
menyebut asma Allah —Tuhanmu— dan berdiri serta duduklah dengan menyebut asma
Allah," menurut lafaz Ibnu Jarir.
Apakah lafaz isim (yang ada pada lafaz Bismi) merupakan musamma (yang
diberi nama) atau lainnya? Dalam hal ini ada tiga pendapat, yaitu: Pertama, isim adalah musamma (yang diberi nama). Pendapat ini dikatakan oleh
Abu Ubaidah dan Imam Sibawaih, kemudian dipilih oleh Al-Baqilani dan Ibnu
Faurak; dikatakan pula oleh Ar-Razi (yaitu Muhammad ibnu Umar) yang dikenal
dengan julukan Ibnu Khatib Ar-Ray di dalam mukadimah kitab Tafsir-nya.
Kedua, menurut golongan Al-Hasywiyyah, Al-Karamiyyah, dan Al-Asy'ariyyah,
isim adalah diri yang diberi nama, tetapi bukan namanya. Ketiga, menurut Mu'tazilah isim bukan menunjukkan yang diberi nama, tetapi
merupakan namanya. Menurut pendapat yang terpilih di kalangan kami, isim bukan menunjukkan yang
diberi nama. bukan pula namanya. Kemudian kami simpulkan, jika yang dimaksud
dengan istilah "isim" adalah "suara dari huruf-huruf yang tersusun", maka
menurut kesimpulannya isim bukanlah musamma, sekalipun menurut makna yang
dimaksud dengan isim adalah diri musamma (yang diberi nama). Hal seperti ini
termasuk ke dalam Bab "Menjelaskan Hal yang Sudah Jelas Berarti Tidak Ada
Gunanya". Maka dapat dibuktikan bahwa melibatkan diri ke dalam pembahasan ini
dengan mengadakan semua hipotesis sama saja dengan membuang-buang waktu yang
tidak ada guna. Kemudian dibahas hal yang menunjukkan adanya perbedaan antara isim dan
musamma. Disebutkan bahwa adakalanya isim memang ada, tetapi musamma-nya tidak
ada, seperti lafaz ma'dum (yang tidak ada). Adakalanya sesuatu itu mempunyai
banyak isim (nama), seperti lafaz mutaradif (sinonim). Adakalanya isim-nya satu.
sedangkan mu-samma-nya berbilang, seperti lafaz yang musytarak (satu lafaz yang
mempunyai dua makna yang bertentangan). Hal tersebut menunjukkan adanya
perbedaan antara isim dan musamma, dan isim merupakan lafaz, sedangkan musamma
adalah penampilannya; musamma itu adakalanya merupakan zat yang mungkin atau
wajib keberadaan zatnya. Lafaz an-nar (api) dan as-salj (es) seandainya
merupakan musamma, niscaya orang yang menyebutnya akan merasakan panasnya api
dan dinginnya es. Akan tetapi. tentu saja hal seperti ini tidak akan dikemukakan
oleh orang yang berakal waras. Juga karena Allah Swt. telah berfirman:
وَلِلَّهِ
الْأَسْماءُ الْحُسْنى فَادْعُوهُ بِها
Allah mempunyai asma’ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma’ul husna itu. (Al-A'raf: 180)
Nabi Saw. telah bersabda:
«إِنْ
لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا»
Shahih: Bukhari 7392 dan Muslim 2677
Ini adalah nama yang banyak, tetapi musamma-nya adalah esa, yaitu Allah Swt.
Allah pun telah berfirman: Allah mempunyai nama-nama. (Al-A'raf: 180)
Allah telah meng-idafah-km nama-nama itu kepada dirinya, seperti yang terdapat
di dalam firman-Nya:
فَسَبِّحْ
بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ
Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Mahabesar.
(Al-Waqi'ah: 74)
Demikian pula yang lain-lainnya yang semisal; kesimpulannya menyatakan bahwa
idafah memberikan pengertian mugayarah (perbedaan antara isim dan musamma).
Allah Swt. telah berfirman: maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut
asma-ul husna itu. (Al-A'raf: 180)
Hal ini menunjukkan bahwa isim bukanlah zat Allah.
Sedangkan orang yang berpendapat bahwa isim adalah musamma, beralasan
dengan firman-Nya:
تَبارَكَ
اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَالْإِكْرامِ
Yang Mahaagung adalah Allah Swt, sebagai jawabannya ialah bahwa isim yang
diagungkan untuk mengagungkan Zat Yang Mahasuci; demikian pula jika seorang
lelaki mengatakan Zainab —yakni istrinya— tertalak, maka Zainab menjadi
terceraikan. Seandainya isim bukanlah musamma, niscaya talak tidak akan jatuh
kepadanya, dan tentu saja sebagai jawabannya dikatakan bahwa makna yang dimaksud
ialah diri yang diberi nama Zainab terkena talak. Ar-Razi mengatakan bahwa tasmiyah artinya "menjadikan isim ditentukan untuk
diri orang yang bersangkutan", maka diri orang tersebut bukanlah
isim-nya.
Tafsir Ibnu katsir
0 Response to "Keutamaan Basmallah"
Posting Komentar