Faktor yang Mempengaruhi Kepusan Konsumen
Jumat, 18 Mei 2018
Add Comment
Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Kepuasan Konsumen
Menurut
Lupiyoadi dalam Yuniarti, menyebutkan lima faktor utama yang perlu diperhatikan
dalam kaitannya dengan kepuasan konsumen, antara lain sebagai berikut:
a. Kualitas Produk, yaitu konsumen akan puas
apabila hasil evaluasi menunjukan bahwa produk yang digunakan berkualitas.
b. Kualitas pelayanan, yaitu konsumen akan merasa
puas apabila mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan harapan.
Menurut Zeithaml dan Bitner dalam Djiptono, Dimensi
kualitas pelayanan terdiri dari (1) reliabilitas yang berkaitan dengan
kemampuan untuk memberikan layanan yang akurat, (2) daya tanggap atau responsibility yang berkaitan dengan
kemampuan karyawan untuk membantu para konsumen dan merespon permintaan
konsumen, (3) jaminan atau assurance yang
berkaitan dengan kemampuan, kesopanan, dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki
karyawan, (4) empati berarti komunikasi yang baik, dan memahami kebutuhan
konsumen, dan (5) bukti fisik atau tangible
yang berkenaan dengan daya tarik fasilitas fisik. Menurut Tjiptono dikutip Danti Nurul Alam jasa bersifat intangible
karenanya konsumen seringkali mengandalkan physical evidence dalam mengevaluasi sebuah jasa yang diberikan, proses
pembuktian physical evidence melalui
fasilitas fisik (servicescape).
c. Emosional yaitu konsumen akan merasa puas
ketika orang memujinya karena menggunakan merek yang mahal. Faktor emosi adalah
faktor yang berhubungan dengan gaya hidup seseorang, dikutip dari Indra Aditia.
d. Harga yaitu produk yang mempunyai kualitas
yang sama, tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai
lebih tinggi.
e. Biaya yaitu konsumen tidak perlu mengeluarkan
biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk
atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa tersebut.
Menurut
Moison, Walter dan White dikutip Made Martini, menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu (1) karakteristik produk, (2) harga, (3)
pelayanan, (4) lokasi, (5) fasilitas, (6) image, (7) desain visual, (8)
suasana, dan (9) komunikasi.
Berdasarkan
pendapat dari beberapa ahli, penulis menyimpulkan bahwa secara tidak langsung
fasilitas fisik (servicescape) dan
gaya hidup dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan
konsumen.
Fasilitas
fisik (servicescape) merupakan salah
satu cara untuk menyampaikan kualitas pelayanan melalui fasilitas, suasana dan
desain visual. Gaya hidup merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi
kepuasan konsumen melalui emosional konsumen.
0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Kepusan Konsumen"
Posting Komentar