Al-Baqoroh Ayat 159-162
Senin, 14 Mei 2018
Add Comment
{إِنَّ
الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنزلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ
مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ
وَيَلْعَنُهُمُ اللاعِنُونَ (159) إِلا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا
فَأُولَئِكَ أَتُوبُ عَلَيْهِمْ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (160) إِنَّ
الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ لَعْنَةُ
اللَّهِ وَالْمَلائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ (161) خَالِدِينَ فِيهَا لَا
يُخَفَّفُ عَنْهُمُ الْعَذَابُ وَلا هُمْ يُنْظَرُونَ (162) }
Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan
apa yang telah kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan
petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al-Kitab, mereka itu
dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati,
kecuali mereka yang telah tobat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan
(kebenaran); maka terhadap mereka itulah Aku menerima tobat-nya dan Akulah Yang
Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam
keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para malaikat, dan manusia
seluruhnya. Mereka kekal di dalam laknat itu; tidak akan diringankan siksa dari
mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.
Ancaman yang keras buat orang yang menyembunyikan apa yang telah disampaikan
oleh rasul-rasul berupa keterangan-keterangan yang jelas yang bertujuan benar
serta petunjuk yang bermanfaat bagi had manusia, sesudah dijelaskan oleh Allah
Swt. kepada hamba-hamba-Nya melalui kitab-kitab yang diturunkan kepada
rasul-rasul-Nya.
Abul Aliyah mengatakan bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan orang-orang
Ahli Kitab. Mereka menyembunyikan sifat Nabi Muhammad Saw. Kemudian Allah Swt.
memberitahukan bahwa segala sesuatu melaknat perbuatan mereka itu; sebagaimana
halnya orang yang alim, segala sesuatu memohonkan ampun baginya, hingga
ikan-ikan yang ada di air dan burung-burung yang ada di udara. Sikap mereka
(Ahli Kitab) bertentangan dengan sikap ulama. Karena itu, mereka dilaknat oleh
Allah, dan segala sesuatu ikut melaknat mereka.
Telah disebutkan di dalam hadis musnad melalui berbagai jalur yang satu sama
lainnya saling memperkuat predikat hadis, dari Abu Hurairah dan lain-lainnya
yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"مَنْ
سُئِل عَنْ عِلْمٍ فَكَتَمَهُ، أُلْجِمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِلِجَامٍ مِنْ
نَارٍ"
Barang siapa yang ditanya mengenai suatu ilmu, lalu ia menyembunyikannya,
niscaya dia akan disumbat kelak di hari kiamat dengan tali kendali dari api
neraka.
Di dalam kitab sahih dari Abu Hurairah disebutkan bahwa ia pernah mengatakan,
"Seandainya tidak ada suatu ayat dalam Kilabullah, niscaya aku tidak akan
menceritakan apa pun kepada orang lain." Yang dimaksud ialah firman-Nya:
Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan
berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk. (Al-Baqarah: 159),
hingga akhir ayat.
قَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَرَفَةَ، حَدَّثَنَا عَمَّارُ
بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ لَيْثِ بْنِ أَبِي سُلَيْمٍ، عَنِ
الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ زَاذَانَ أَبِي عُمَر عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ
عَازِبٍ، قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي
جِنَازَةٍ، فَقَالَ: "إِنَّ الْكَافِرَ يُضْرَبُ ضَرْبَةً بَيْنَ عَيْنَيْهِ،
فَيَسْمَعُ كُلُّ دَابَّةٍ غَيْرَ الثَّقَلَيْنِ، فَتَلْعَنُهُ كُلُّ دَابَّةٍ
سَمِعَتْ صَوْتَهُ، فَذَلِكَ قَوْلُ اللَّهِ تَعَالَى: {أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ
اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللاعِنُونَ} يَعْنِي: دَوَابُّ الْأَرْضِ"
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu
Arafah, telah menceritakan kepada kami Ammar ibnu Muhammad, dari Lais ibnu Abu
Sulaim, dari Al-Minhal ibnu Amr, dari Zazan Abu Umar, dari Al-Barra ibnu Azib
yang menceritakan: Bahwa kami pernah bersama Nabi Saw. menghadiri suatu jenazah,
maka beliau Saw. bersabda, "Sesungguhnya orang kafir akan dipukul sekali
pukul di antara kedua matanya; semua makhluk hidup mendengar (jeritan)nya selain
manusia dan jin, maka semua hewan yang mendengar suaranya melaknatnya.
Yang demikian itu adalah firman Allah Swt., 'Mereka itu dilaknati Allah
dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati!'
(Al-Baqarah: 159), yakni semua hewan bumi."
Ibnu Majah meriwayatkan pula hadis ini dari Muhammad ibnus Sabah, dari Amir
ibnu Muhammad dengan lafaz yang sama. Ata ibnu Abu Rabah mengatakan bahwa semua
hewan, jin, dan manusia turut melaknatinya.
Mujahid mengatakan bahwa apabila bumi kekeringan (paceklik), maka semua hewan
mengatakan, "Ini akibat orang-orang yang durhaka dari Bani Adam, semoga Allah
melaknat orang-orang durhaka dari Bani Adam."
Abul Aliyah, Ar-Rabi' ibnu Anas, dan Qatadah mengatakan sehubungan dengan
takwil firman-Nya: Dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat
melaknati. (Al-Baqarah: 159) Yakni mereka dilaknati oleh para malaikat dan
orang-orang mukmin.
Telah disebutkan di dalam sebuah hadis bahwa orang yang alim itu dimintakan
ampunan baginya oleh segala sesuatu sehingga ikan-ikan yang ada di laut
memintakan ampunan buatnya.
Di dalam ayat ini (Al-Baqarah ayat 159) disebutkan bahwa orang yang
menyembunyikan ilmu akan dilaknat oleh Allah, para malaikat, seluruh manusia,
dan semua makhluk yang dapat melaknati. Mereka adalah semua makhluk yang dapat
berbicara dan yang tidak dapat bicara, baik dengan lisan ataupun dengan
perbuatan, jika makhluk itu termasuk yang berakal pada hari kiamat.
Kemudian Allah Swt. mengecualikan dari mereka orang-orang yang bertobat
kepada-Nya. Untuk itu Allah Swt. berfirman:
{إِلا
الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَبَيَّنُوا}
Kecuali mereka yang telah tobat dan mengadakan perbaikan dan
menerangkan (kebenaran). (Al-Baqarah: 160)
Yaitu mereka kembali sadar dari apa yang sebelumnya mereka lakukan dan mau
memperbaiki amal perbuatannya serta menjelaskan kepada orang-orang semua apa
yang sebelumnya mereka sembunyikan.
{فَأُولَئِكَ
أَتُوبُ عَلَيْهِمْ وَأَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيمُ}
Maka terhadap mereka itulah Aku menerima tobatnya dan Aku-lah Yang Maha
Penerima tobat lagi Maha Penyayang. (Al-Baqarah: 160)
Di dalam ayat ini terkandung pengertian bahwa orang yang menyeru kepada
kekufuran atau bid'ah, apabila ia bertobat kepada Allah, niscaya Allah menerima
tobatnya. Sesungguhnya telah disebutkan bahwa umat-umat terdahulu yang melakukan
perbuatan seperti itu, tobat mereka tidak diterima, karena sesungguhnya hal ini
merupakan kekhususan bagi syariat Nabi pembawa tobat, yaitu Nabi pembawa rahmat;
semoga salawat dan salam Allah terlimpahkan kepadanya.
Kemudian Allah Swt. menceritakan keadaan orang yang kafir dan tetap pada
kekafirannya hingga ia mati, melalui firman-Nya:
{عَلَيْهِمْ
لَعْنَةُ اللَّهِ وَالْمَلائِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ * خَالِدِينَ
فِيهَا}
Mereka itu mendapat laknat Allah, para malaikat, dan manusia seluruhnya.
Mereka kekal di dalam laknat itu. (Al-Baqarah: 161-162)
Maksudnya, laknat terus mengikuti mereka sampai hari kiamat, kemudian laknat
membarenginya di dalam neraka Jahannam yang tidak diringankan siksa dari mereka
di dalamnya. Dengan kata lain, siksaan yang menimpa mereka tidak dikurangi,
tidak pula mereka diberi tangguh; yakni tidak ada perubahan barang sesaat pun,
tidak pula ada henti-hentinya, bahkan siksaan terus-menerus berlangsung terhadap
dirinya. Semoga Allah melindungi kita dari siksaan tersebut.
Abul Aliyah dan Qatadah mengatakan, sesungguhnya orang kafir itu akan
dihentikan di hari kiamat, lalu Allah melaknatnya, kemudian para malaikat
melaknatnya pula, setelah itu manusia seluruhnya melaknatnya.
Tidak ada perselisihan pendapat di kalangan ulama mengenai masalah boleh
melaknat orang-orang kafir. Sesungguhnya dahulu Khalifah Umar ibnul Khattab r.a.
serta para imam sesudahnya melak-nati orang-orang kafir dalam doa qunut mereka
dan doa lainnya.
Mengenai orang kafir tertentu, ada segolongan ulama yang berpendapat tidak
boleh melaknatinya, dengan alasan bahwa kita belum mengetahui khatimah apakah
yang dikehendaki oleh Allah buatnya. Sebagian di antara ulama memperbolehkan
demikian dengan berdalilkan firman-Nya: Sesungguhnya orang-orang kafir dan
mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para
malaikat, dan manusia seluruhnya. (Al-Baqarah: 161)
Segolongan ulama lainnya berpendapat, bahkan boleh melaknati orang kafir yang
tertentu. Pendapat ini dipilih oleh Al-Faqih Abu Bakar ibnul Arabi Al-Maliki,
tetapi dalil yang dijadikan pegangannya adalah sebuah hadis yang di dalamnya
mengandung ke-daif-an. Sedangkan selain Abu Bakar ibnul Arabi berdalilkan sabda
Rasulullah Saw. dalam kisah seorang lelaki pemabuk yang dihadapkan kepadanya,
lalu beliau menjatuhkan hukuman hati terhadapnya. Kemudian ada seorang lelaki
(lain) yang mengatakan, "Semoga Allah melaknatinya, alangkah besar dosa yang
dilakukannya." Maka Rasulullah Saw. bersabda:
"لَا
تَلْعَنْهُ فَإِنَّهُ يُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ"
Janganlah engkau melaknatinya, karena sesungguhnya dia mencintai Allah dan
Rasul-Nya.
Dari hadis ini dapat disimpulkan bahwa orang yang tidak mencintai Allah dan
Rasul-Nya boleh dilaknati.
Tafsir Ibnu Katsir
0 Response to "Al-Baqoroh Ayat 159-162"
Posting Komentar