Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Kamis, 17 Mei 2018
Add Comment
Menurut
Phillip Kotler, Faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian dipengaruhi oleh empat faktor, diantaranya
sebagai berikut:
1)
Faktor Budaya
Pada dasarnya dalam sebuah tatanan kehidupan dalam bermasyarakat
terdapat sebuah tingkatan sosial sehingga kelas sosial tidak hanya mencerminkan
penghasilan, tetapi juga indikator lain.
2)
Faktor Sosial
Pembelian konsumen yang dipengaruhi oleh faktor sosial diantaranya
sebagai berikut:
a) Kelompok Acuan
Dapat diartikan sebagai kelompok yang dapat memberikan pengaruh secara langsung atau tidak
langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang tersebut.
Dapat diartikan sebagai kelompok yang dapat memberikan pengaruh secara langsung atau tidak
langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang tersebut.
b) Keluarga
Dalam pembelian konsumen, keluarga dibedakan menjadi dua bagian. Pertama, keluarga yang
dikenal dengan istilah keluarga orientas. Kedua, keluarga yang terdiri dari pasangan dan jumlah
anak yang dimiliki seseorang.
Dalam pembelian konsumen, keluarga dibedakan menjadi dua bagian. Pertama, keluarga yang
dikenal dengan istilah keluarga orientas. Kedua, keluarga yang terdiri dari pasangan dan jumlah
anak yang dimiliki seseorang.
c) Peran dan Status
Peran dan status dapat mempengaruhi perilaku pembelian Semakin tinggi peran seseorang
didalam sebuah organisasi maka akan semakin tinggi pula status mereka dalam organisasi tersebut
dan berdampak pada perilaku pembeliannya.
Peran dan status dapat mempengaruhi perilaku pembelian Semakin tinggi peran seseorang
didalam sebuah organisasi maka akan semakin tinggi pula status mereka dalam organisasi tersebut
dan berdampak pada perilaku pembeliannya.
Menurut Gery Amstrong, Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen tersebut, sebagai berikut:
1. Kebudayaan ini sifatnya sangat luas, dan
menyangkut segala aspek kehidupan manusia. Kebudayaan adalah simbul dan fakta
yang kompleks, yang diciptakan oleh manusia.
2. Kelas Sosial adalah Pembagian masyarakat ke dalam
golongan/kelompok berdasarkan pertimbangan tertentu.
3. Kelompok
Referensi Kecil di sekitar individu yang menjadi
rujukan bagaimana seseorang harus bersikap dan bertingkah laku, termasuk dalam
tingkah laku pembelian.
4. Keluarga adalah Lingkungan inti dimana
seseorang hidup dan berkembang. Dalam keluarga perlu dicermati pola perilaku
pembelian.
5. Pengalaman adalah berbagai informasi sebelumnya
yang diperoleh seseorang yang akan mempengaruhi perilaku selanjutnya.
6. Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola
sifat individu yang dapat menentukan tanggapan untuk beringkah laku.
7. Sikap
dan Kepercayaan adalah suatu kecenderungan yang
dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah yang baik
ataupun kurang baik secara konsisten.
8. Konsep Diri merupakan cara bagi seseorang untuk
melihat dirinya sendiri, dan pada saat yang sama ia mempunyai gambaran tentang
diri orang lain.
Menurut Lidyawatie, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembelian,
yaitu :
1. Perbedaan
pekerjaan, artinya dengan adanya perbedaan pekerjaan seseorang dapat
diperkirakan minat terhadap tingkat pekerjaan yang ingin dicapainya, aktivitas
yang dilakukan, penggunaan waktu senggangnya, dan lain-lain.
2. Perbedaan
sosial ekonomi, artinya seseorang yang mempunyai sosial ekonomi tinggi akan
lebih mudah mencapai apa yang diinginkannya daripada yang mempunyai sosial
ekonomi rendah.
3. Perbedaan hobi
atau kegemaran, artinya bagaimana seseorang menggunakan waktu senggangnya.
4. Perbedaan jenis
kelamin, artinya minat wanita akan berbeda dengan minat pria, misalnya dalam
pola belanja.
5. Perbedaan usia,
artinya usia anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua akan berbeda minatnya
terhadap suatu barang, aktivitas benda dan seseorang.
Pandangan dari tiga tokoh mengenai
faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian terdapat persamaan dan perbedaan. Seperti
menurut Kotler dan Gery Amstrong
mengemukakan hal yang serupa seperti kebudayaan, sosial dan keluarga,
selebihnya berbeda. Disamping itu, Lidyawatie lebih menitikberatkan terhadap unsur
perbedaan-perbedaan pada manusia, seperti perbedaan pekerjaan, hobi dan usia.
Baca Juga : Proses Keputusan Pembelian
0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian"
Posting Komentar