Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian




Menurut Phillip Kotler, Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dipengaruhi oleh empat faktor, diantaranya sebagai berikut:

1)   Faktor Budaya
Pada dasarnya dalam sebuah tatanan kehidupan dalam bermasyarakat terdapat sebuah tingkatan sosial sehingga kelas sosial tidak hanya mencerminkan penghasilan, tetapi juga indikator lain.
2)   Faktor Sosial
Pembelian konsumen yang dipengaruhi oleh faktor sosial diantaranya sebagai berikut:
a) Kelompok Acuan
Dapat diartikan sebagai kelompok yang dapat memberikan pengaruh secara langsung atau tidak
langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang tersebut.
b) Keluarga
Dalam pembelian konsumen, keluarga dibedakan menjadi dua bagian. Pertama, keluarga yang 
dikenal dengan istilah keluarga orientas. Kedua, keluarga yang terdiri dari pasangan dan jumlah 
anak yang dimiliki seseorang.
c) Peran dan Status
Peran dan status dapat mempengaruhi perilaku pembelian Semakin tinggi peran seseorang
didalam sebuah organisasi maka akan semakin tinggi pula status mereka dalam organisasi tersebut 
dan berdampak pada perilaku pembeliannya.

Menurut Gery Amstrong, Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen tersebut, sebagai berikut:
1. Kebudayaan ini sifatnya sangat luas, dan menyangkut segala aspek kehidupan manusia. Kebudayaan adalah simbul dan fakta yang kompleks, yang diciptakan oleh manusia.
2. Kelas Sosial adalah Pembagian masyarakat ke dalam golongan/kelompok berdasarkan pertimbangan tertentu.
3.  Kelompok Referensi Kecil  di sekitar individu yang menjadi rujukan bagaimana seseorang harus bersikap dan bertingkah laku, termasuk dalam tingkah laku pembelian.
4.  Keluarga adalah Lingkungan inti dimana seseorang hidup dan berkembang. Dalam keluarga perlu dicermati pola perilaku pembelian.
5. Pengalaman adalah berbagai informasi sebelumnya yang diperoleh seseorang yang akan mempengaruhi perilaku selanjutnya.
6. Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat menentukan tanggapan untuk beringkah laku.
7. Sikap dan Kepercayaan adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah yang baik ataupun kurang baik secara konsisten.
8. Konsep Diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya sendiri, dan pada saat yang sama ia mempunyai gambaran tentang diri orang lain.
Menurut Lidyawatie, bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembelian, yaitu :
1. Perbedaan pekerjaan, artinya dengan adanya perbedaan pekerjaan seseorang dapat diperkirakan minat terhadap tingkat pekerjaan yang ingin dicapainya, aktivitas yang dilakukan, penggunaan waktu senggangnya, dan lain-lain.
2. Perbedaan sosial ekonomi, artinya seseorang yang mempunyai sosial ekonomi tinggi akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkannya daripada yang mempunyai sosial ekonomi rendah.
3. Perbedaan hobi atau kegemaran, artinya bagaimana seseorang menggunakan waktu senggangnya.
4. Perbedaan jenis kelamin, artinya minat wanita akan berbeda dengan minat pria, misalnya dalam pola belanja.
5. Perbedaan usia, artinya usia anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua akan berbeda minatnya terhadap suatu barang, aktivitas benda dan seseorang.

Pandangan dari tiga tokoh mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian terdapat persamaan dan perbedaan. Seperti menurut Kotler dan Gery Amstrong mengemukakan hal yang serupa seperti kebudayaan, sosial dan keluarga, selebihnya berbeda. Disamping itu, Lidyawatie lebih menitikberatkan terhadap unsur perbedaan-perbedaan pada manusia, seperti perbedaan pekerjaan, hobi dan usia.
Baca Juga : Proses Keputusan Pembelian

0 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

pasang