Al-Baqoroh Ayat 285-286
Selasa, 15 Mei 2018
Add Comment
{آمَنَ
الرَّسُولُ بِمَا أُنزلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ
بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ
رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ
الْمَصِيرُ (285) لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ
وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ
أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى
الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ
وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى
الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286) }
Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang
diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman.
Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan
rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan), "Kami tidak membeda-bedakan antara
seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya," dan mereka mengatakan,
"Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa), "Ampunilah kami, ya Tuhan kami,
dan kepada Engkaulah tempat kembali." Allah tidak membebani seseorang melainkan
sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang
diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka
berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami
tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat
sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami,
janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri
maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka
tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
Hadis pertama diriwayatkan oleh Imam
Bukhari.
قَالَ
الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ
سُلَيْمَانَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَنْ قَرَأَ
بِالْآيَتَيْنِ"، وَحَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ
مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، عَنْ أَبِي
مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ
قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ
كَفَتَاه"
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Kasir, telah
menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Sulaiman, dari Ibrahim, dari Abdur
Rahman, dari Ibnu Mas'ud, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa
yang membaca dua ayat ini... Telah menceritakan kepada kami Abu Na'im, telah
menceritakan kepada kami Sufyan, dari Mansur, dari Ibrahim, dari Abdur Rahman
ibnu Yazid, dari Ibnu Mas'ud yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. telah
bersabda: Barang siapa yang membaca dua ayat ini dari akhir surat Al-Baqarah
di suatu malam, maka kedua ayat ini dapat mencukupinya.
Diketengahkan pula oleh jamaah lainnya melalui jalur Sulaiman ibnu Mihran
Al-A'masy berikut sanadnya dengan lafaz yang semisal. Kalau menurut Sahihain
diriwayatkan melalui jalur As-Sauri, dari Mansur, dari Ibrahim, dari Abdur
Rahman, dari Ibnu Mas'ud dengan lafaz yang sama. Di dalam kitab Sahihain pula
dari Abdur Rahman, dari Alqamah, dari Ibnu Mas'ud; Abdur Rahman mengatakan,
"Kemudian aku bersua dengan Abu Mas'ud, lalu ia menceritakan hadis ini
kepadaku."
Demikian pula menurut apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad ibnu Hambal:
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ آدَمَ، حَدَّثَنَا شَرِيكٌ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الْمُسَيَّبِ بْنِ
رَافِعٍ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: "مَنْ قَرَأَ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَتِهِ كَفَتَاهُ"
telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu Adam, telah menceritakan kepada
kami Syarik, dari Asim, dari Al-Musayyab ibnu Rafi', dari Alqamah, dari Ibnu
Mas'ud, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca kedua
ayat dari akhir surat Al-Baqarah di malam harinya, maka kedua ayat itu
mencukupinya.
Hadis kedua diriwayatkan oleh Imam Ahmad.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ، حَدَّثَنَا شَيْبَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ،
عَنْ رِبعي، عَنْ خَرشة بْنِ الحُر، عَنِ الْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ، عَنْ أَبِي
ذَرٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"أُعْطِيتُ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ، لَمْ
يُعْطَهُنَّ نَبِيٌّ قَبْلِي"
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Husain, telah menceritakan
kepada kami Syaiban, dari Mansur, dari Rab'i, dari Kharsyah ibnul Hur, dari
Ma'rur ibnu Suwaid, dari Abu Zar yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda: Aku dianugerahi ayat-ayat penutup surat Al-Baqarah dari
perbendaharaan di bawah Arasy yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi
pun sebelumku.
وَقَدْ
رَوَاهُ ابْنُ مَرْدَوَيْهِ، مِنْ حَدِيثِ الْأَشْجَعِيِّ، عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ
مَنْصُورٍ، عَنْ رِبْعِي، عَنْ زَيْدِ بْنِ ظِبْيان، عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أُعْطِيتُ خَوَاتِيمَ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ"
Ibnu Murdawaih meriwayatkan hadis ini melalui hadis Al-Asyja'i, dari
As-Sauri, dari Mansur, dari Rib'i, dari Zaid ibnu Zabyan, dari Abu Zar yang
menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Aku dianugerahi ayat-ayat
penutup surat Al-Baqarah dari perbendaharaan di bawah Arasy.
Hadis ketiga diriwayatkan oleh Imam
Muslim.
قَالَ
مُسْلِمٌ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو
أُسَامَةَ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ مغْول (ح) وَحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَير،
وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيعًا، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمير -وَأَلْفَاظُهُمْ
مُتَقَارِبَةٌ -قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ
مِغْوَل، عَنِ الزُّبَيْرِ بْنِ عَدِيٍّ عَنْ طَلْحَةَ، عَنْ مُرَة، عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ، قَالَ: لَمَّا أسْريَ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ انْتُهِيَ بِهِ إِلَى سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى، وَهِيَ فِي السَّمَاءِ
السَّادِسَةِ إِلَيْهَا يَنْتَهِي مَا يُعْرَج بِهِ مِنَ الْأَرْضِ فَيُقْبَض
مِنْهَا، وَإِلَيْهَا يَنْتَهِي مَا يُهْبَطُ بِهِ مِنْ فَوْقِهَا فيُقْبَض
مِنْهَا، قَالَ: {إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى} [النَّجْمِ: 16] ، قَالَ:
فرَاش مِنْ ذَهَبٍ. قَالَ: وَأُعْطِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ثَلَاثًا: أعْطِيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وأعْطِي خَوَاتِيمَ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ، وَغُفِرَ لِمَنْ لَمْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ مِنْ أُمَّتِهِ شَيْئًا
المُقْحَماتُ
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Abu Bakar ibnu Abu Syaibah,
telah menceritakan kepada kami Abu Usamah, telah menceritakan kepada kami Malik
ibnu Magul. Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair serta Zuhair ibnu Harb,
semuanya dari Abdullah ibnu Numair, lafaz-lafaz mereka hampir sama. Ibnu Numair
mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada
kami Malik ibnu Magul, dari Az-Zubair ibnu Addi, dari Talhah, dari Murrah, dari
Abdullah yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah Saw. menjalani Isra, beliau
sampai ke Sidratul Muntaha yang terletak di langit ketujuh. Hanya sampai batas
Sidratul Muntaha, berhenti segala sesuatu yang naik dari bumi, lalu dihentikan
sampai padanya. Hanya sampai kepadanya segala sesuatu turun dari atasnya, lalu
dihentikan sampai padanya. Abdullah (Ibnu Mas'ud) mengatakan sehubungan dengan
firman-Nya: (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh
sesuatu yang meliputinya. (An-Najm: 16) Yang dimaksud dengan 'sesuatu
yang meliputinya' adalah kupu-kupu emas. Abdullah Ibnu Mas'ud mengatakan
pula bahwa Rasulullah Saw. dianugerahi tiga perkara, yaitu beliau dianugerahi
salat lima waktu, dan dianugerahi ayat-ayat yang mengakhiri surat Al-Baqarah,
serta diampuni bagi orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu pun
dari kalangan umatnya, dengan ampunan yang menyeluruh.
Hadis keempat.
قَالَ
أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الرَّازِيُّ، حَدَّثَنَا
سَلَمَةُ بْنُ الْفَضْلِ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ
أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ مَرْثَد بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْيَزْنِيِّ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ
عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: "اقْرَأِ الْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فَإِنِّي
أُعْطِيتُهُمَا مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Ibrahim
Ar-Razi, telah menceritakan kepada kami Salamah ibnul Fadl, telah menceritakan
kepadaku Muhammad ibnu Ishaq, dari Yazid ibnu Abu Habib, dari Marsad ibnu
Abdullah Al-Yazni, dari Uqbah ibnu Amir Al-Juhanni yang menceritakan bahwa
Rasulullah Saw. telah bersabda: Bacalah dua ayat dari akhir surat Al-Baqarah,
karena sesungguhnya Aku memberikan keduanya dari perbendaharaan di bawah Arasy
(untuk kamu).
Sanad hadis ini hasan, tetapi mereka tidak mengetengahkannya di dalam kitab
mereka (Jamaah).
Hadis kelima.
قَالَ
ابْنُ مَرْدُويه: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ كَامِلٍ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ
إِسْحَاقَ الْحَرْبِيُّ، أَخْبَرَنَا مُسَدَّد أَخْبَرَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ
أَبِي مَالِكٍ، عَنْ ربْعِي، عَنْ حُذَيْفَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "فُضِّلْنَا عَلَى النَّاسِ بِثَلَاثٍ، أُوتِيْتُ
هَؤُلَاءِ الْآيَاتِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ البقرة من بيت كنز تحت الْعَرْشِ،
لَمْ يُعْطَهَا أَحَدٌ قَبْلِي، وَلَا يُعْطَاهَا أَحَدٌ بَعْدِي"
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Kamil,
telah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Ishaq Al-Harbi, telah menceritakan
kepada kami Marwan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Awwanah, dari Abu Malik,
dari Rab'i, dari Huzaifah yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Kami diberi keutamaan di atas semua orang karena tiga perkara, yaitu: Aku
diberi ayat-ayat yang mengakhiri surat Al-Baqarah dari rumah perbendaharaan di
bawah Arasy yang tidak pernah diberikan kepada seorang pun sebelumku dan tidak
pula diberikan kepada seorang pun sesudahku.
Kemudian Ibnu Murdawaih meriwayatkannya pula melalui hadis Na'im ibnu Abu
Hindun, dari Rab'i, dari Huzaifah dengan lafaz yang semisal.
Hadis keenam.
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdul Baqi ibnu
Nafi', telah menceritakan kepadaku Ismail ibnul Fadl, telah menceritakan kepada
kami Muhammad ibnu Hatim ibnu Bazi', telah menceritakan kepada kami Ja'far ibnu
Aun, dari Malik ibnu Magul, dari Abi Ishaq, dari Al-Haris, dari Ali yang
mengatakan, "Aku tidak pernah melihat seseorang memahami Islam bilamana ia tidur
melainkan ia membaca ayat Kursi dan ayat-ayat yang mengakhiri surat Al-Baqarah.
Karena sesungguhnya ayat-ayat tersebut berasal dari perbendaharaan yang terletak
di bawah Arasy yang diberikan kepada Nabi kalian."
Waki' meriwayatkannya di dalam kitab tafsirnya, dari Israil, dari Abu Ishaq,
dari Umair ibnu Amr Al-Mukhariqi, dari Ali yang mengatakan, "Aku belum pernah
melihat seseorang yang sampai kepadanya Islam kecuali sebelum tidur ia membaca
ayat Kursi dan ayat-ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. Karena sesungguhnya
ayat-ayat tersebut dari perbendaharaan di bawah Arasy."
Hadis ketujuh.
قَالَ
أَبُو عِيسَى التِّرْمِذِيُّ: حَدَّثَنَا بُنْدَار، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بْنُ مَهْدِيٍّ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَشْعَثَ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ الجَرْمي عَنْ أَبِي قِلابَة، عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ،
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يخلق السموات
وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ، أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ
الْبَقَرَةِ، وَلَا يُقْرَأْنَ فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا
شَيْطَانٌ".
Abu Isa At-Turmuzi mengatakan, telah menceritakan kepada kami Bandar, telah
menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Mahdi, telah menceritakan kepada kami
Hammad ibnu Salamah, dari Asy'as ibnu Abdur Rahman Al-Harami, dari Abu Qilabah,
dari Abul Asy'as As-San'ani, dari An-Nu'man ibnu Basyir, dari Nabi Saw. yang
telah bersabda: Sesungguhnya Allah telah menulis Kitab-Nya sebelum
menciptakan langit dan bumi dalam jangka dua ribu tahun. Dia menurunkan
dua ayat darinya untuk mengakhiri surat Al-Baqarah dengan keduanya. Tidaklah
ayat-ayat itu dibaca di dalam sebuah rumah selama tiga malam, melainkan setan
tidak ada yang berani mendekatinya.
Kemudian Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini garib. Hal yang sama
diriwayatkan pula oleh Imam Hakim di dalam kitab Mustadrak-nya melalui hadis
Hammad ibnu Salamah dengan lafaz yang sama. Ia mengatakan bahwa hadis ini sahih
dengan syarat Muslim, tetapi keduanya (Bukhari dan Muslim) tidak
mengetengahkannya.
Hadis kedelapan.
قَالَ
ابْنُ مَرْدَوَيْهِ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَدْيَنَ،
أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ الْجَهْمِ، أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَمْرٍو،
أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ، حَدَّثَنِي يُوسُفُ بْنُ أَبِي الْحَجَّاجِ،
عَنْ سَعِيدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه
وسلم إذا قَرَأَ آخِرَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ ضَحِكَ، وَقَالَ:
"إِنَّهُمَا مِنْ كَنْزِ الرَّحْمَنِ تَحْتَ الْعَرْشِ". وَإِذَا قَرَأَ: {مَنْ
يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِه} [النِّسَاءِ: 123] ، {وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا
مَا سَعَى * وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى * ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الأوْفَى}
[النَّجْمِ:39-41] ، اسْتَرْجَعَ وَاسْتَكَانَ.
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu
Muhammad ibnu Madyan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnul Jahm, telah
menceritakan kepada kami Ismail ibnu Amr, telah menceritakan kepada kami Ibnu
Maryam, telah menceritakan kepadaku Yusuf ibnu Abul Hajjaj, dari Sa'id, dari
Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. apabila membaca ayat terakhir
dari surat Al-Baqarah dan ayat Kursi, maka beliau tersenyum, lalu bersabda:
Sesungguhnya kedua ayat ini berasal dari perbendaharaan Tuhan Yang Maha
Pemurah di bawah Arasy. Apabila beliau Saw. membacakan firman-Nya: Barang
siapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan
kejahatannya itu. (An-Nisa: 123) Dan bahwa seorang manusia tiada
memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwa usahanya itu kelak
akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan
balasan yang paling sempurna. (An-Najm: 39-41) Maka beliau membaca istirja'
dan diam (tenang).
Hadis kesembilan.
قَالَ
ابْنُ مَرْدَوَيْهِ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ كُوفِيٍّ،
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ حَمْزَةَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ
حَدَّثَنَا مَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي
حُمَيْدٍ، عَنْ أَبِي مَلِيح، عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أُعْطِيتُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ،
وَخَوَاتِيمَ سُورَةِ البقرة من تحت العرش، والمُفَصل نافلة"
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu
Muhammad ibnu Kufi, telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnu Yahya ibnu Hamzah,
telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Bakar, telah menceritakan kepada
kami Makki ibnu Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Abu
Humaid, dari Abu Malih, dari Ma'qal ibnu Yasar yang menceritakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda: Aku diberi Fatihatul Kitab dan ayat-ayat
terakhir surat Al-Baqarah dari bawah Arasy, sedangkan Al-Mufassal adalah
nafilah (tambahannya).
Hadis kesepuluh,
Dalam pembahasan terdahulu mengenai keutamaan surat Al-Fatihah telah
disebutkan sebuah hadis melalui riwayat Abdullah ibnu Isa ibnu Abdur Rahman ibnu
Abu Laila, dari Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa
ketika Rasulullah Saw. sedang menghadapi Malaikat Jibril, tiba-tiba beliau
mendengar suara gemerincing di atasnya. Maka Malaikat Jibril mengarahkan
pandangannya ke langit, lalu berkata, "Ini adalah sebuah pintu langit dibuka,
yang sebelumnya tidak pernah dibuka sama sekali." Kemudian turunlah darinya
seorang malaikat, dan malaikat itu mendatangi Nabi Saw., lalu berkata kepadanya:
أبشر
بنورين قد أوتيتهما، لم يؤتهما نبي قبلك: فاتحة الكتاب، وخواتيم سُورَةِ
الْبَقَرَةِ، لَنْ تَقْرَأَ حَرْفًا مِنْهُمَا إِلَّا أُوتِيتُهُ،
Bergembiralah kamu dengan dua cahaya yang telah diberikan kepadamu yang
tidak pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, yaitu Fatihatul Kitab
dan ayat-ayat terakhir surat Al-Baqarah. Tidak sekali-kali kamu membaca satu
huruf dari keduanya melainkan engkau diberinya.
Hadis riwayat Imam Muslim dan Imam Nasai. Hadis ini menurut
lafaznya.
Firman Allah Swt.:
آمَنَ
الرَّسُولُ بِما أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ
Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari
Tuhannya. (Al-Baqarah: 285)
Ayat ini memberitakan perihal Nabi Saw. dalam hal tersebut.
قَالَ
ابْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنَا بِشَرٌ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ، حَدَّثَنَا سَعِيدٌ، عَنْ
قَتَادَةَ، قَالَ: ذُكِرَ لَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ لَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ: "وَيَحِقُّ لَهُ أَنْ يُؤْمِنَ
"
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Bisyr, telah
menceritakan kepada kami Yazid, telah menceritakan kepada kami Sa'id, dari
Qatadah yang menceritakan, "Telah diceritakan kepada kami bahwa tatkala
diturunkan kepada Rasulullah Saw. ayat ini (Al-Baqarah: 285), maka Rasulullah
Saw. bersabda: 'Dan sudah seharusnya baginya beriman'."
Imam Hakim meriwayatkan di dalam kitab Mustadrak-nya,
حَدَّثَنَا
أَبُو النَّضْرِ الْفَقِيهُ: حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ نَجْدَةَ الْقُرَشِيِّ،
حَدَّثَنَا خَلَّادُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا أَبُو عَقِيلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ
أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: لَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ
عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ {آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا
أُنزلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّه} قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"حُقَّ لَهُ أَنْ يُؤْمِنَ".
telah menceritakan kepada kami Abun Nadr Al-Faqih, telah menceritakan kepada
kami Mu'az ibnu Najdah Al-Qurasyi, telah menceritakan kepada kami Khallad ibnu
Yahya, telah menceritakan kepada kami Abu Uqail, dari Yahya ibnu Abu Kasir, dari
Anas ibnu Malik yang mengatakan bahwa setelah diturunkan kepada Nabi Saw.
firman-Nya: Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya
dari Tuhannya. (Al-Baqarah: 285), Maka Nabi Saw. bersabda: Sudah
merupakan keharusan baginya beriman. Kemudian Imam Hakim mengatakan bahwa hadis ini sahih sanadnya, tetapi
keduanya (Bukhari dan Muslim) tidak mengetengahkannya.
*******************
Firman Allah Swt.:
وَالْمُؤْمِنُونَ
demikian pula orang-orang yang beriman. (Al-Baqarah: 285)
di-ataf-kan kepada lafaz Ar-Rasul, kemudian Allah Swt. memberitakan
perihal semuanya (Rasul dan orang-orang mukmin). Untuk itu Allah Swt. berfirman:
{كُلٌّ
آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ
مِنْ رُسُلِهِ}
Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan
rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan), "Kami tidak membeda-bedakan antara seorang
pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya." (Al-Baqarah: 285)
Orang-orang mukmin beriman bahwa Allah adalah Satu lagi Maha Esa, dan Tunggal
lagi bergantung kepada-Nya segala sesuatu; tidak ada Tuhan selain Dia, tidak ada
Rabb selain Dia. Mereka percaya kepada semua nabi dan semua rasul, serta semua
kitab yang diturunkan dari langit kepada hamba-hamba Allah yang menjadi utusan
dan nabi. Mereka tidak membeda-bedakan seseorang pun di antara mereka dari yang
lainnya. Mereka tidak beriman kepada sebagian dari mereka, lalu kafir (ingkar)
kepada sebagian yang lain.
Bahkan semuanya menurut mereka adalah orang-orang yang sadiq (jujur),
berbakti, berakal, mendapat petunjuk, dan menunjukkan ke jalan kebaikan,
sekalipun sebagian dari mereka me-nasakh syariat sebagian yang lain dengan
seizin Allah, hingga semuanya di-mansukh oleh syariat Nabi Muhammad Saw. yang
merupakan pemungkas para nabi dan para rasul; hari kiamat terjadi dalam masa
syariatnya, dan masih terus-menerus ada segolongan dari umatnya yang membela
perkara yang hak hingga hari kiamat tiba.
*******************
Firman Allah Swt.:
وَقالُوا
سَمِعْنا وَأَطَعْنا
Dan mereka mengatakan, "Kami dengar dan kami taat." (Al-Baqarah:
285)
Yakni kami mendengar firman-Mu, ya Tuhan kami, dan kami memahaminya; dan kami
menegakkan serta mengerjakan amal sesuai dengannya.
غُفْرانَكَ
رَبَّنا
Ampunilah kami, ya Tuhan kami. (Al-Baqarah: 285)
Ayat ini mengandung makna permohonan ampun dan rahmat serta belas
kasihan.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Harb
Al-Mausuli, telah menceritakan kepada kami Ibnu Fadl, dari Ata ibnus Saib, dari
Sa'id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan firman-Nya: Rasul telah
beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula
orang-orang yang beriman. (Al-Baqarah: 285) sampai dengan firman-Nya:
(Mereka berdoa), "Ampunilah kami, ya Tuhan kami.” (Al-Baqarah: 285) Maka
Allah Swt. berfirman, "Aku telah mengampuni bagi kalian."
وَإِلَيْكَ
الْمَصِيرُ
dan kepada Engkaulah tempat kembali. (Al-Baqarah: 285)
Yang dimaksud dengan al-masir ialah tempat kembali dan merujuk kelak
di hari perhitungan.
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Humaid, telah
menceritakan kepada kami Jarir, dari Sinan, dari Hakim, dari Jabir yang
menceritakan bahwa ketika diturunkan kepada Rasulullah Saw. ayat ini, yaitu
firman-Nya: Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya
dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada
Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka
mengatakan), "Kami tidak membedabedakan antara seorang pun (dengan yang lain)
dari rasul-rasul-Nya," dan mereka mengatakan, "Kami dengar dan kami taat."
(Mereka berdoa), "Ampunilah kami, ya Tuhan kami, dan kepada Engkaulah tempat
kembali." (Al-Baqarah: 285), Lalu Malaikat Jibril berkata: Sesungguhnya
Allah telah memujimu dengan baik dan juga kepada umatmu. Maka mintalah, niscaya
kamu akan diberi apa yang kamu minta. Maka Nabi Saw. meminta, seperti yang
disebutkan di dalam firman-Nya: Allah tidak membebani seseorang melainkan
sesuai dengan kesanggupannya. (Al-Baqarah: 286), hingga akhir ayat.
*******************
Firman Allah Swt.:
لَا
يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْساً إِلَّا وُسْعَها
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan
kesanggupannya. (Al-Baqarah: 286)
Dengan kata lain, seseorang tidak dibebani melainkan sebatas kesanggupannya.
Hal ini merupakan salah satu dari lemah-lembut Allah Swt. kepada makhluk-Nya dan
kasih sayang-Nya kepada mereka, serta kebaikan-Nya kepada mereka.
Ayat inilah yang me-nasakh dan merevisi apa yang sangat dikhawatirkan oleh
para sahabat dalam firman-Nya:
{وَإِنْ
تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ
اللَّه}
Dan jika kalian melahirkan apa yang ada di dalam hati kalian atau kalian
menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kalian tentang
perbuatan itu. (Al-Baqarah: 284)
Yakni sesungguhnya Allah Swt. sekalipun melakukan perhitungan hisab dan
menanyai, tetapi Dia tidak menyiksa kecuali terhadap hal-hal yang orang yang
bersangkutan mempunyai kemampuan untuk menolaknya. Adapun terhadap hal-hal orang
yang bersangkutan tidak mempunyai kemampuan untuk menolaknya, seperti bisikan
hati; maka manusia tidak dibebaninya, dan benci terhadap bisikan yang jahat
termasuk iman.
*******************
Firman Allah Swt.:
لَها
مَا كَسَبَتْ
Ia mendapat pahala dari apa yang diusahakannya. (Al-Baqarah: 286)
Yakni dari kebaikan yang diusahakannya.
وَعَلَيْها
مَا اكْتَسَبَتْ
Dan ia mendapat siksa dari apa yang dikerjakannya. (Al-Baqarah:
286)
Yaitu dari kejahatan yang dikerjakannya. Yang demikian itu berlaku atas semua
amal perbuatan yang termasuk ke dalam taklif.
Kemudian Allah Swt. memberikan petunjuk kepada hamba-hamba-Nya, bagaimana
cara memohon kepada-Nya dan Dia menjamin akan memperkenankannya, seperti yang
diajarkan kepada mereka melalui firman-Nya:
رَبَّنا
لَا تُؤاخِذْنا إِنْ نَسِينا أَوْ أَخْطَأْنا
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau
tersalah, (Al-Baqarah: 286)
Maksudnya, jika kami meninggalkan suatu hal yang difardukan karena lupa, atau
kami mengerjakan sesuatu yang haram karena lupa, atau kami keliru dari hal yang
dibenarkan dalam beramal, karena kami tidak mengetahui cara yang dianjurkan oleh
syariat. Dalam hadis sahih Muslim yang lalu telah disebutkan melalui hadis Abu
Hurairah hal seperti berikut: Allah berfirman, "Ya."
Demikian pula dalam hadis Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Allah Swt.
berfirman: Aku telah melakukan(nya). Ibnu Majah meriwayatkan di dalam kitab sunnahnya dan Ibnu Hibban di dalam
kitab sahihnya melalui hadis Umar dan Al-Auza'i, dari Ata; menurut Ibnu Majah di
dalam riwayatnya menyebutkan dari Ibnu Abbas, dan Imam Tabrani serta Ibnu Hibban
mengatakan dari Ata, dari Ubaid ibnu Umair, dari Ibnu Abbas yang menceritakan
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
«إِنَّ
اللَّهَ وَضَعَ عَنْ أُمَّتِي الْخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا
عَلَيْهِ»
Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku keliru, lupa, dan apa yang
dipaksakan kepada mereka untuk melakukannya.
Hadis ini diriwayatkan pula melalui jalur yang lain. Imam Ahmad Ibnu Abu
Hatim menilai hadis ini ada celanya.
وَقَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ،
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ الْهُذَلِيُّ، عَنْ شَهْرٍ، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ
لِأُمَّتِي عَنْ ثَلَاثٍ: عَنِ الْخَطَأِ، وَالنِّسْيَانِ، وَالِاسْتِكْرَاهِ"
قَالَ أَبُو بَكْرٍ: فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلْحَسَنِ، فَقَالَ: أَجَلْ، أَمَا
تَقْرَأُ بِذَلِكَ قُرْآنًا: {رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ
أَخْطَأْنَا}
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Muslim ibnu Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Abu
Bakar Al-Huzali, dari Syahr, dari Ummu Darda, dari Nabi Saw. yang telah
bersabda: Sesungguhnya Allah memaafkan umatku terhadap tiga perkara, yaitu
keliru, lupa, dan dipaksa. Abu Bakar mengatakan bahwa lalu ia menuturkan
hadis ini kepada Al-Hasan. Maka Al-Hasan menjawab, "Memang benar, apakah
engkau tidak membaca hal tersebut di dalam Al-Qur'an?", yaitu firman-Nya: Ya
Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.
(Al-Baqarah: 286)
*******************
Adapun firman Allah Swt.:
رَبَّنا
وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنا إِصْراً كَما حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ
قَبْلِنا
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat
sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami.
(Al-Baqarah: 286)
Artinya, janganlah Engkau membebani kami dengan amal-amal yang berat,
sekalipun kami sanggup mengerjakannya; seperti yang telah Engkau syariatkan
kepada umat-umat terdahulu sebelum kami, berupa belenggu-belenggu dan
beban-beban yang dipikulkan di pundak mereka. Engkau telah mengutus Nabi-Mu
—yaitu Nabi Muhammad Saw.— sebagai nabi pembawa rahmat yang di dalam syariatnya
Engkau telah memerintahkannya untuk menghapus semua beban tersebut, sebagai
agama yang hanif, mudah, lagi penuh dengan toleransi.
Telah disebutkan di dalam hadis sahih Muslim, dari Abu Hurairah, dari
Rasulullah Saw. yang telah bersabda bahwa setelah ayat itu diturunkan, Allah
berfirman, "Ya."
Disebutkan dari Ibnu Abbas, dari Rasulullah Saw. yang telah bersabda,
"Setelah ayat ini diturunkan, Allah berfirman, 'Aku telah
melakukannya'." Di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan melalui berbagai jalur disebutkan
dari Rasulullah Saw., bahwa beliau Saw. pernah bersabda:
«بُعِثْتُ
بِالْحَنِيفِيَّةِ السَّمْحَةِ»
Aku diutus dengan membawa agama yang hanif (cenderung kepada perkara yang
hak) lagi samhah (penuh dengan toleransi/keringanan).
*******************
Firman Allah Swt.:
رَبَّنا
وَلا تُحَمِّلْنا مَا لَا طاقَةَ لَنا بِهِ
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup
kami memikulnya. (Al-Baqarah: 286)
Yakni dari beban, musibah, dan cobaan; atau janganlah Engkau menguji
(mencoba) kami dengan cobaan yang tidak kuat kami hadapi. Makhul telah mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: Ya Tuhan kami,
janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.
(Al-Baqarah: 286), Yaitu hidup melajang dan memperturutkan hawa nafsu; riwayat
Ibnu Abu Hatim. Allah menjawab, "Ya." Di dalam hadis lain Allah menjawab, "Aku
telah melakukan(nya)."
وَاعْفُ
عَنَّا
Beri maaflah kami. (Al-Baqarah: 286)
Artinya, maafkanlah semua kelalaian dan kekeliruan kami menurut
pengetahuan-Mu menyangkut semua hal yang terjadi antara kami dan Engkau.
وَاغْفِرْ
لَنا
ampunilah kami. (Al-Baqarah: 286)
Yaitu atas semua kelalaian dan kekeliruan antara kami dan hamba-hamba-Mu,
maka janganlah Engkau menampakkan kepada mereka keburukan-keburukan kami dan
amal perbuatan kami yang tidak baik.
وَارْحَمْن
dan rahmatilah kami. (Al-Baqarah: 286)
Yakni untuk masa datang kami. Karena itu, janganlah Engkau jerumuskan kami ke
dalam dosa yang lain berkat taufik dan bimbingan-Mu.
Berangkat dari pengertian inilah maka mereka mengatakan bahwa sesungguhnya
orang yang berdosa itu memerlukan tiga perkara, yaitu pemaafan dari Allah atas
dosanya yang terjadi antara dia dengan Allah, dosanya ditutupi oleh Allah dari
mata hamba-hamba-Nya hingga ia tidak dipermalukan di antara mereka, dan
dipelihara oleh Allah hingga tidak lagi terjerumus ke dalam dosa yang
serupa.
Dalam hadis yang lalu telah disebutkan bahwa Allah Swt. berfirman, "Ya," dan
dalam hadis yang lainnya disebutkan bahwa Allah berfirman, "Telah Aku lakukan,"
sesudah ayat ini diturunkan.
*******************
Firman Allah Swt.:
أَنْتَ
مَوْلانا
Engkaulah Penolong kami. (Al-Baqarah: 286)
Artinya, Engkau adalah Pelindung dan Penolong kami; hanya kepada Engkaulah
kami bertawakal, dan Engkaulah yang dimintai pertolongan, dan hanya kepada
Engkaulah berserah diri; tiada daya dan tiada kekuatan bagi kami kecuali dengan
pertolongan-Mu.
فَانْصُرْنا
عَلَى الْقَوْمِ الْكافِرِينَ
maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. (Al-Baqarah: 286)
Yakni orang-orang yang ingkar kepada agama-Mu, ingkar kepada keesaan-Mu dan
risalah Nabi-Mu, dan mereka menyembah selain-Mu serta mempersekutukan Engkau
dengan seseorang di antara hamba-hamba-Mu. Tolonglah kami terhadap mereka, dan
jadikanlah akibat yang terpuji bagi kami atas mereka di dunia dan akhirat. Lalu
Allah Swt. berfirman, "Ya." Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim
melalui Ibnu Abbas, Allah Swt. berfirman, "Telah Aku lakukan."
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Musanna Ibnu Ibrahim,
telah menceritakan kepada kami Abu Na'im, telah menceritakan kepada kami Sufyan,
dari Abu Ishaq, bahwa Mu'az r.a. apabila selesai dari bacaan surat ini yang
diakhiri dengan fimnan-Nya: Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.
(Al-Baqarah: 286), maka ia selalu mengucapkan, "Amin."
Asar ini diriwayatkan pula oleh Waki', dari Sufyan, dari Abu Ishaq, dari
seorang lelaki, dari Mu'az ibnu Jabal. Disebutkan bahwa sahabat Mu'az ibnu Jabal
apabila mengkhatamkan surat Al-Baqarah selalu mengucapkan, "Amiin."
Tafsir Ibnu Katsir
0 Response to "Al-Baqoroh Ayat 285-286"
Posting Komentar